Moeldoko : Pesantren bisa lahirkan Menteri bahkan Presiden

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mendatangi Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Sokotunggal Jakarta yang di asuh oleh KH. Nuril Arifin Husein, M.B.A dalam rangka silahturahmi menyambut bulan suci Ramadhan 1442H (9/4/2021)

Dalam kedatangan nya beliau ke pondok pesantren Abdurrahman Wahid Sokotunggal mengaku melewatkan masa kecilnya di sebuah langgar atau surau di kampungnya. Di hadapan para santri Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Sokotunggal beliau menceritakan masa kecil nya dahulu

"Mungkin banyak yang mengira saya lahir dari lingkungan keluarga kaya atau keluarga orang penting. Itu sama sekali tidak benar," tegas Moeldoko

Sebagai anak petani, butuh perjuangan berat bagi Moeldoko untuk bisa sekolah sampai ke jenjang SMA. Dia menilai sistem pendidikan di pesantren menjadi sebuah alternatif penting yang bisa menanamkan dan menumbuhkan karakter-karakter anak bangsa yang kuat dan tangguh.

Moeldoko juga menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi agar para santri bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dia juga mengingatkan agar tidak mudah terprovokasi berita bohong atau hoaks. Mantan Panglima TNI ini memuji semangat dalam sistem pendidikan di Pondok Pesantren  yang mengutamakan pembentukan karakter yang toleran terhadap perbedaan.

"Saya yakin dari Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Sokotunggal ini bisa lahirkan generasi muda yang bisa menjadi pemimpin di masa depan, bisa jadi menteri atau bahkan presiden sekalipun,karena Pesantren ini didirikan dan dididik oleh Gus Nuril. beliau adalah salah satu tokoh yang tidak pernah menyebarkan kebencian" tegas Moeldoko.

Moeldoko mengingatkan kembali kepada santri indahnya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Dia menyayangkan adanya kelompok yang mengatasnamakan muslim namun perilakunya justru menyebarkan kebencian dan fitnah yang bisa memecah-belah bangsa.



Show comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel